Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untukmu Rijalul-Siyasah


Untukmu Rijalus-Siyasah

Apakah ada anjuran dari para generasi salaf as-soleh untuk membicarakan politik ???

Bismillahirrahmanirrahim……….


Ikhwahfillah…………

Generasi Salaf As-Soleh juga menganjurkan kita untuk menguasai ilmu politik, leadership, manajemen yang berkaitan dengan maslahat umat islam secara luas.
Mari bersama kita telaah penafsiran yang disampaikan oleh Imam Mujahid rahimahullah, seorang tabi'in besar, murid sahabat yang mulia Ibnu Abbas radhiyallahu 'Anhu. Hal ini dinukil oleh imam yang mulia pula, yang bergelar "Sulthonut-Tafsir" (Raja para mufassir) yaitu Imam Ibnu Jarir (w.310 H) rahimahullahu ta'ala dalam kitab tafsirnya Tafsir At-Thobari, sebuah kitab tafsir yang sering menjadi rujukan Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya (tafsir Ibnu Katsir). Dalam menafsirkan ayat:

"Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.
(Ali-Imran 3:79)

Dalam menasfsirkan ayat di atas, Ibnu Jarir rahimahullah menuliskan dalam tafsirnya:
®  Orang-orang Rabbani adalah yang menjadi rujukan manusia dalam fiqh, ilmu (keagamaan), masalah-masalah agama, dan urusan-urusan dunia.
(Tafsir At-Thabari)

Ikhwahfillah……..
Satu hal yang menjadi pelajaran dan hikmah yang tersirat dalam penafsiran yang disampaikan Ibnu Jarir di atas adalah islam merupakan agama yang syumul (sempurna), serta tidak mengenal pemisahan antara urusan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, generasi rabbani adalah orang yang tawazun (seimbang) antara urusan dunia dan akhiratnya.

Imam Mujahid berkata: Orang-orang Rabbani adalah orang yang terkumpul pada dirinya ilmu dan fiqh, pengetahuan politik, Manajemen, ahli dalam masalah kepemimpinan, serta hal-hal lain yang bemanfaat bagi dunia & akhirat mereka. (Tafsir At-Thabari)

Dari Penyataan Imam Mujahid di atas, seorang kader rabbani memiliki skill/tsaqofah/kemampuan dalam beberapa hal berikut:

®  Ilmu dan fiqh;  الجامعُ إلى العلم والفقه
®  Pengetahuan tentang politik; البصرَ بالسياسة 
®  Manajemen; التدبير
®  Kemampuan dalam kepemimpinan; القيام بأمور الرعية
®  Kemampuan lain yang menunjang maslahat dunia dan akhirat; 
®  وما  يصلحهم في دُنياهم ودينهم

Semoga Allah menjadikan kita kader-kader dakwah rabbani amien…………
Nas'alullaha min fadhlihi
By
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah
Aswin Ahdir Bolano

Post a Comment for "Untukmu Rijalul-Siyasah"