Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tafsir Haraki Surat al-Lahab Ayat 1-5

Tafsir Haraki Surat al-Lahab Ayat 1-5



 “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan binasa dia!) (1), Kekayaannya dan segala bentuka usahanya tidak akan bermanfaat baginya (2) (Dia akan memasuki Api yang menyala-nyala!) (3) Dan istrinya juga, yang membawa kayu bakar (4), Di lehernya ada tali Masad yang dikucir (5).

Tafsir, Haraki, surat, al-lahab, ayat, 1, 5
surat al-Lahab ayat 1-5.
Gambar screen shot tafsir Ibnu Katsir


Asbabun Nuzul

Ibnu Katsir menyebutkan bahwa Al-Bukhari mencatat dari Ibn `Abbas, Nabi saw. pergi ke lembah Al-Batha dan dia mendaki gunung. Kemudian dia berteriak, (Hai manusia, datanglah segera!) Maka orang-orang Quraisy berkumpul di sekelilingnya. Lalu Beliau saw. bersabda,

(Jika aku memberi tahu kamu sekalian semua bahwa musuh akan menyerang kamu sekalian di pagi hari, atau di malam hari, apakah kamu sekalian semua percaya padaku) Mereka menjawab, "Ya.'' Kemudian Beliau saw. bersabda,

(Sesungguhnya, aku adalah seorang pemberi peringatan (diutus) kepada kalian semua sebelum datangnya siksaan yang berat.) Kemudian Abu Lahab berkata, "Apakah hanya untuk ini engkau mengumpulkan kami?, semoga engkau binasa!'' Demikianlah, Allah swt. menurunkan surat ini.

Lihat Juga:


Isyarat Haraki dalam Ayat ini

1. Hendaklah setiap aktivis dakwah memahami bagaimana cara yang paling efektif untuk menyampaikan dakwah kepada masyarakat yang akan didakwahinya. Dalam ilustrasi di atas, Nabi saw. menggunakan cara yang cukup efektif untuk membuat suku Quraisy berkumpul dalam waktu singkat, yaitu dengan naik ke atas bukit dan berseru dari atasnya.

Dalam konteks dakwah modern, cara dakwah bisa berbagai macam sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada, misalnya menggunakan live di media social, website, blog, vlog, youtube, dan lain-lain, yang di dalamnya masyarakat bisa berkumpul dan mengakses dengan mudah materi dakwah yang disampaikan.

2. Cara dakwah yang paling efektif adalah dengan cara bertemu dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang akan didakwahi, inilah yang dilakukan oleh Nabi saw. dalam ilustrasi di atas. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa dakwah online tidak efektif, sebab salah satu keunggulan dakwah online adalah ia mampu dijangkau oleh masyarakat dengan cepat, dari berbagai tempat, tanpa batas waktu dan tempat.

*Bersambung



Post a Comment for "Tafsir Haraki Surat al-Lahab Ayat 1-5"