Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Teknik Menjaga hafalan di atas 20 Juz..???


Dalam salah satu status Quantum Tahfiz For Aktivis dikatakan bahwa jumlah tilawah berbanding lurus dengan jumlah hafalan, bagaimana caranya agar seorang aktivis dakwah yang padat dengan berbagai agenda dakwah setiap harinya, mampu menjaga hafalan di atas 20 juz, dan bagaimana agar di tengah amanah dakwah yang seolah tanpa henti kita bisa lebih dari satu juz tilawah per hari ?????

Bismillhirrahmanirrahim………..
Memang benar bahwa jumlah tilawah seorang aktivis penghafal Al-Qur'an harus berbanding lurus dengan jumlah hafalannya; perlu diingat lagi rumus yang telah lalu:
Hafalan 1-10 Juz = Tilawah 1 Juz/hari atau khatam 30 hari sekali
Hafalan 11-20 Juz= Tilawah 2 Juz/hari atau khatam 15 hari sekali
Hafalan 21-30 Juz= Tilawah 3-5 Juz/hari atau khatam 10-7 hari sekali
Untuk kemudahan murajaah hafalan 20 juz ke atas, silahkan lihat kembali table murajaah dengan metode akumulasi per tahun yang sudah diposting beberapa waktu lalu.
Adapun untuk  tilawah dapat digunakan teknik :
Teknik ke-1:
*Untuk bisa tilawah 1 juz per hari, anda bias merutinkan tilawah 2 lembar setiap selesai shalat wajib. (2 lembar x 5 waktu shalat= 10 lembar=1 juz)
*Untuk Bisa tilawah 2 juz per hari, anda bisa merutinkan tilawah 4 lembar setiap selesai shalat wajib (4 lembar x 5 waktu shalat= 20 lembar= 2 Juz)
*Untuk Bisa tilawah 3 juz per hari, anda bisa merutinkan tilawah 6 lembar setiap selesai shalat wajib (6 lembar x 5 waktu shalat= 30 lembar= 3 Juz)
*Khusus untuk tilawah 2 juz & 3 juz ke atas per hari, gunakan system back up atau jadwal badal/pengganti tilawah, karena sebagai aktivis dakwah, terkadang kita pada agenda dalam hari tertentu, namun tidak ada agenda pada waktu yang lain. Misalnya anda menjadwalkan setiap malam ahad atau malam jumat untuk mengganti jumlah juz yang tertinggal dalam target tilawah harian anda.

 By
Khadim Al-Qur'an wa As-Sunnah

Aswin Ahdir Bolano

Post a Comment for "Bagaimana Teknik Menjaga hafalan di atas 20 Juz..???"