Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Sains dan Hikmah Yang Luar Biasa Dalam Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

 Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. adalah salah satu peristiwa luar biasa yang terjadi pada zaman Nabi saw., yang diimani dan diyakini kebenarannya oleh seluruh umat islam di dunia. Menariknya lagi, peristiwa ini terjadi dimana teknologi yang ada saat itu belum secanggih saat ini. Inilah salah satu materi ujian keimanan bagi kaum muslimin pada saat itu. Namun, seluruh kaum muslimin pada saat itu yang dipelopori oleh Abu Bakar ash-Shidiq radhiyallahu anhu menyatakan keyakinan mereka bahwa peristiwa tersebut benar-benar dialami oleh Nabi saw. Meskipun dibutuhkan ratusan tahun kemudian untuk membuktikan bahwa secara ilmiah manusia memang mampu melakukan perjalanan dan penjelajahan ke luar angkasa.

keajaiban Sains dalam isra miraj
Keajaiban sains dalam isra' mi'raj. Gambar: Pixabay


Berikut ini akan dibahas mengenai lima fakta sains yang luar biasa dan hikmah yang sangat berharga dari peristiwa perjalanan Nabi Muhammad saw. saat isra' mi'raj.

  • 1. Nabi SAW. Menempuh Jarak 1.500 Km dari Mesjidil Haram Ke Mesjidil Aqsha dan Kembali Lagi Ke Mekah dalam Semalam

Jarak antara mesjidil haram dan mesjidil aqsha adalah keajaiban pertama dalam peristiwa isra' mi'raj nabi SAW. Bentang jarak yang tidak kurang dari 1.500 km dan ditempuh pulang pergi dalam semalam adalah sebuah perjalanan yang pada saat itu belum pernah terpikir sedikit pun oleh oleh akal manusia manapun dan terasa sangat mustahil jika dilihat dari capaian teknologi transportasi pada saat itu. Hal ini karena pada saat itu transportasi yang dikenal oleh masyarakat dunia khususnya bangsa arab pada masa itu hanya kuda, keledai, dan unta. Hal ini menambah ini menjadi bahan pembicaraan tersendiri di kalangan bangsa arab.

Mungkin dapat pula anda bayangkan, jika seandainya ada seseorang yang mencoba meniru dan mencoba menempuhnya dengan kuda, keledai atau pun unta. Pasti akan membutuhkan waktu lebih dari tiga kali puasa dan lebih dari tiga kali lebaran (bang toyib kalee).


  • 2. Nabi Saw. Mengendarai Buraq Yang Mampu Stabil dalam Kecepatan Milyaran Juta Kilometer Per Detik

Dengan kecepatan milyaran juta kilometer per detik, perjalanan dari mesjidil haram ke mesjidil aqsha ditempuh oleh nabi saw. hanya dalam sekejap mata. Demikian pula dengan penerbangan menembus langit dan melewati ribuan bahkan jutaan galaksi di luar angkasa yang jaraknya milayaran juta kilometer dari bumi, semuanya ditempuh oleh Nabi saw. bersama malaikat jibril a.s dalam rentang waktu yang sangat singkat. Maha Suci Allah swt. Yang Dengan Kuasa-Nya tidak ada sesuatu pun yang mustahil terjadi. Dialah Pemilik segala sesuatu yang ada di muka bumi ini.


  • 3. Dengan Adanya Peristiwa Isra' Mi'raj, Maka Nabi SAW. adalah Manusia Pertama yang Menjelajah Luar Angkasa Dengan Capaian Terjauh yang tidak akan Pernah dicapai oleh Teknologi Secanggih Apapun

Inilah poin ketiga dari fakta sains yang luar biasa sebagai mukjizat dan tanda kekuasaan Allah swt. atas jagad raya ini. Kebenaran peristiwa ini kemudian dibuktikan oleh negara-negara maju melalui pengembangan ilmu antariksa sesuai dengan tingkat capaian mereka masing-masing.

Dalam Al-Qur'an, telah diisyaratkan bahwa manusia memang akan dapat dan mampu melakukan perjalanan melintasi dan menjelajahi ruang angkasa dengan bantuan kekuatan teknologi yang memadai. meskipun tentunya tidak akan mencapai pintu-pintu langit sebagaimana nabi saw. dalam isra' mi'raj

"..Jika kamu sekalian mampu menjelajahi penjuru-penjuru langit, maka jelajahilah. Namun kamu sekalian sekali-kali tidak akan mampu menjelajahinya, kecuali dengan kekuatan (teknologi)".

 (QS.ar-rahman: 33)


Baca Juga :

8 Cara Islami Membuka Sumbatan Pintu Rezki dan Melancarkannya


  • 4. Isra' Mi'raj merupakan perjalanan antariksa tercepat pertama kali sepanjang sejarah manusia

Kisah isra' mi'raj merupakan isyarat gerbang bagi kemajuan teknologi modern yang pencapaiannya membutuhkan seribu tahun lebih semenjak ayat ini diturunkan kepada nabi saw. Pada saat  kisah ini terjadi, tingkat kemajuan teknologi saat belum menyadari bahwa kisah ini adalah kisah yang kelak memandu lahirnya ilmu antariksa seribu tahun lebih kemudian. Masyarakat pada saat itu belum menyadari pula bahwa perjalanan ini adalah perjalanan wisata ruhani dengan kekuatan rabbani guna untuk memberikan isyarat luar biasa bahwa ada teknologi yang belum pernah ditemukan saat itu, yaitu terknologi transportasi udara dan antariksa.

Hal di atas memberi pula isyarat kepada umat islam, bahwa di dalam al-Qur'an terdapat berbagai keyword rabbani dalam sains yang jika ditelaah secara mendalam akan membawa umat islam menjadi kiblat peradaban bagi seluruh umat manusia dalam hal teknologi, dan juga dalam bidang-bidang lainnya.


  • 5. Isra' Mi'raj merupakan kisah peletakan batu pertama dari pondasi ilmu transportasi udara dan ilmu antariksa

Meskipun saat terjadinya kisah isra' mi'raj ini teknologi transportasi baru sebatas darat dan laut, tepai al-Qur'an telah mmeberikan sebuah bocoran dan gambaran bahwa manusia juga bisa menggunakan transportasi udara yang ditemukan seribu tahun lebih kemudian.

Hal ini pula mengandung isyarat bahwa al-Qur'an mendorong umatnya untuk terus belajar dan melakukan penelitian di berbagai bidang kehidupan, agar mereka mampu menemukan berbagai rahasia besar alam semesta lainnya, untuk kemudian dijadikan untuk sebesar-besarnya  kebaikan umat manusia.


Hikmah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

  • 1. Salah satu cara untuk menghibur diri dan melupakan sejenak berbagai persoalan kehidupan dan dunia kerja adalah dengan melakukan perjalanan wisata ruhani

Kata wisata ruhani adalah kata yang paling cocok untuk menggambarkan isra' mi'raj Nabi saw. Sebab, perjalanan ini terjadi di saat Beliau saw. sedang merasa sangat sedih dan berduka akibat berbagai tantangan dakwah dan ujian hidup yang di antaranya adalah kehilangan dua orang yang sangat beliau saw. cintai, yaitu kakekny yang bernama Abdul Muthalib dan istrinya tercinta sayyidah Khadijah radhiyallhu anha. Bahkan, para ahli sejarah islam menyebutnya sebagai ammul huzni atau tahun kesedihan.

Hal ini pula mengajarkan kepada umat islam bahwa perlunya mengadakan perjalanan wisata ruhani dan rekreasi rabbani bagi diri dan keluarga untuk sejenak menghilangkan kepenatan dan rasa jenuh yang sering kali terjadi saat berhadapn dengan rutinitas kerja sehari-hari.

  • 2. Sains dan teknologi adalah bagian dari cabang ilmu keislaman yang sangat dianjurkan dalam al-Qur'an untuk mempelajari dan mengembangkannya.
  • 3. Hendaklah hiburan keluarga diarahkan pada hal-hal yang positif dan membawa manfaat bagi kekuatan iman dan kedekatan diri dengan Allah swt.

Tujuan lain dalam isra' mi'raj adalah untuk menghibur nabi saw. sekaligus memberikan contoh kepada umat islam bagaimana cara berhibur dan berlibur yang baik. Yaitu dengan memasukkan ilmu keagamaan dalam berlibur.

  • 4. Tujuan lain dalam wisata ruhani dan perjalanan rabbani isra' mi'raj adalah untuk membuang kepenatan dan rasa jenuh dalam hati dan pikiran, lalu mengembalikan semangat hidup dan kejernihan pikiran.
  • 5. Shalat merupakan hadiah istimewa yang diberikan Allah swt. untuk menemani dan menjadi jalan solusi atas kerasnya hidup yang akan dijalani oleh setiap muslim selama hidupnya. Apapun masalah dan kesulitan yang anda hadpi saat ini, carilah ketenangan hati dan kejernihan pikiran yang akan berbuah keputusan yang meneguhkan hati di dalam shalat. Sebab, shalat adalah salah satu kunci pembuka pertolongan Allah swt. dalam menghadapi berbagai masalah.






Post a Comment for "5 Fakta Sains dan Hikmah Yang Luar Biasa Dalam Peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW."