Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Keutamaan Membaca Alquran Di Bulan Ramadhan

Alquran adalah kitab suci yang menjadi petunjuk bagi umat islam di seluruh dunia, ia merupakan salah satu mukijizat yang abadi dan kekal hingga hari kiamat, dan tetap terjaga keasliannya dari awal turun hingga saat ini. Sebagai kitab suci, keutamaan membaca alquran sangat banyak sekali bagi seorang muslim, baik di dunia maupun di akhirat.

Berikut ini, saya Aswin Ahdir Bolano akan membahas mengenai hadis-hadis tentang keutamaan membaca alquran, yang dirangkum oleh Imam an-Nawawi rahimahullah dalam kitabnya Riyadhush Shalihin. Simak ulasannya berikut!

keutamaan membaca alquran
alquran. gambar: pixabay


  • 1. Keutamaan Membaca alquran adalah  Mendapatkan Syafaat dan Pertolongan Pada Hari Kiamat

"Dari Abu Umamah radhiyallahu anhu, Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:"Bacalah oleh kamu sekalian alquran, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya". (Diriwayatkan Oleh Imam Muslim rahimahullah)

  • 2. Surat-surat dalam alquran akan Membela Pembacanya Pada Hari Kiamat

"Dari Nawwas bin Sam'an radhiyallahu anhu, Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:"Pada hari kiamat nanti alquran akan datang bersama orang-orang yang mengamalkannya di dunia, ia dipimpin oleh surat al-baqarah dan ali-imran, keduanya akan membela orang-orang yang sering membacanya". 

(Riwayat Muslim) 

  • 3. Muslim yang terbaik adalah mereka yang belajar dan mengajarkan alquran

"Dari Utsman bin Affan radhiyallahu anhu, Rasulullah saw. bersabda:"Yang terbaik di antara kamu sekalian adalah orang yang belajar alquran dan mengajarkannya". (al-Bukhari)

  • 4. Derajat Mulia Untuk Orang Yang Mahir alquran dan Orang yang Baru Belajar

"Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasululllah saw. bersabda:"Orang yang membaca alquran sedang ia mahir dengannya, maka derajatnya sama dengan para malaikat yang mulia lagi selalu berbuat kebaikan. Adapun orang yang membacanya terbata-bata, sedangkan ia sungguh-sungguh mempelajarinya, maka ia akan mendapatkan dua pahala". (al-Bukhari, Muslim)

  • 5. Perumpamaan Bagi Pembaca alquran

"Dari Abu Musa al-Asy'ari radhiyallahu anhu, Rasulullah saw. bersabda:"Perumpamaan seorang mu'min yang membaca alquran adalah seperti buah lemon, baunya harum dan rasanya manis. Perumpamaan seorang mu'min yang tidak membaca alquran adalah seperti kurma, tidak ada baunya, namun rasanya manis. Perumpamaan orang yang bermuka dua yang membaca alquran seperti bunga raihanah, baunya manis tapi rasanya pahit. Perumpamaan orang yang bermuka dua dan tidak membaca alquran adalah seperti rumput hanzalah, tidak ada baunya dan rasanya pahit. (al-Bukhari, Muslim)


Lihat juga:


  • 6. Iri Hati hanya boleh kepada ahli alquran

"Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhu, dari Nabi saw."Tidak diperbolehkan iri hati kecuali kepada dua orang, yaitu seseorang yang Allah swt. berikan kepadanya ilmu alquran, kemudian ia membacanya siang dan malam. Seseorang yang Allah swt. berikan harta kepadanya, kemudian ia bersedekah dengannya siang dan malam". (al-Bukhari dan Muslim)

  • 7. Ketenangan akan turun kepada para pembaca alquran

"Dari al-Barra' bin Azib radhiyallahu anhu, suatu ketika ada seorang laki-laki yang sedang membaca surat al-kahfi di samping kudanya yang terikat dengan dua tali. tiba-tiba kuda tersebut seperti melihat sesuatu yang membuatnya lari dari sisinya. Pada waktu subuh, ia menceritakan hal itu kepada Nabi saw. Beliau saw. pun bersabda:"Itu adalah malaikat pembawa sakinah (ketenangan) yang turun karena bacaan alquran". (al-Bukhari, Muslim)

  • 8. Pembaca alquran mendapatkan pahala per huruf

"Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu anhu, Rasulullah saw. bersabda:"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah swt. (alquran), maka akan dituliskan baginya satu pahala kebaikan, yang akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. Tidaklah aku membaca alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf". (at_tirmidzi: Hasan shahih)

  • 9. Perumpamaan bagi orang yang dalam hatinya tidak ada alquran

"Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, Rasulullah saw. bersabda:"Seseorang yang dalam hatinya tidak ada satu ayat pun dari alquran adalah seperti rumah yang kosong". (at_tirmidzi: Hasan shahih)

  • 10. Derajat di surga sama dengan jumlah ayat yang dibaca di dunia

"Dari Abdullah bin Amru bin Ash radhiyallahu anhu, Rasulullah saw. bersabda:"Di akhirat nanti akan dikatakan kepada orang yang sering membaca alquran, bacalah dan naikkanlah derajatmu, bacalah dengan tartil sebagaimana dulu kamu membacanya ketika di dunia. Karena sesungguhnya derajatmu adalah pada akhir ayat yang kamu baca" (Abu Dawud, at-Tirmidzi)


Post a Comment for "10 Keutamaan Membaca Alquran Di Bulan Ramadhan"