Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Tanya Jawab Islam Seputar Puasa | Nomor 13 Pohukamo Rega!

Segala puji bagi Allah swt. yang masih memberikan kita nikmat sehat, iman, dan islam, hingga kita masih dapat melaksanakan puasa di hari yang ke-3 ini (saat tulisan ini dibuat). Semoga semua amalan yang kita lakukan untuk mengisi puasa ini diterima di sisi Allah swt. aamiin.

Pada artikel kali ini, saya Aswin Ahdir Bolano akan membahas mengenai 13 pertanyaan yang sering disampaikan oleh kaum muslimin sekalian tentang hukum seputar puasa, khususnya berkaitan dengan keseharian selama menjalankan ibadah puasa. Simak tanya jawabnya berikut ini!

Tanya jawab islam
tanya jawab islam puasa. gambar:pixabay


  • Saat Puasa Bolehkah Menelan Ludah ata Air Liur ?

Perlu kita ketahui bersama bahwa yang tidak diperbolehkan dan membatalkan puasa adalah memasukkan bahan makanan atau pun minuman ke dalam mulut dan menelannya. adapun berkaitan dengan air liur, maka tidak ada larangan untuk menelannya, demikian pula dengan ludah. Sebab, air liur atau pun ludah adalah hal yang alami ada di dalam mulut. Meskipun demikian, jika ludah terkumpul dalam jumlah yang banyak, maka dianjurkan untuk tidak menelannya.

  • Ketika Puasa  Apakah Boleh Keramas ?

Keramas adalah bagian dari proses mandi bagi kaum perempuan, tidak ada satu pun yang tidak memperbolehkannya jika dikaitkan dengan ibadah puasa. Dengan demikian, tidak mengapa jika dilakukan ketika sedang melakukan ibadah puasa.

  • Ketika Puasa apa boleh sikat gigi ?

Perlu diingat bahwa kebersihan badan termasuk mulut adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan dalam islam, baik dalam keadaan tidak berpuasa, maupun dalam keadaan berpuasa. Hal ini menjadi dasar bahwa segala sesuatu yang bertujuan untuk kebersihan badan, selama tidak mengandung sesuatu yang memang membatalkan puasa, maka itu dibolehkan saat puasa. Demikian pula dengan sikat gigi atau gosok gigi saat berpuasa. Ia menjadi salah satu sunnah Nabi saw. baik saat berpuasa, atau pun di luar bulan puasa. Bahkan, Nabi saw. menyatakan bahwa seandainya beliau saw. tidak khawatir akan memberatkan umatnya, maka beliau saw. akan mewajibkan sikat gigi pada setiap kali seseorang berwudhu. 

  • Sedang puasa disutik batal atau tidak ?

Suntik dibolehkan saat puasa jika tidak mengandung hal yang fungsinya sama dengan makanan atau pun minuman. Misalnya dibolehkan suntik untuk vaksin penyakit tertentu, atau pun untuk mengobati penyakit tertentu. Namun, jika obat yang digunakan memiliki kesamaan fungsi dengan makanan atau pun minuman, maka hal itu tidak diperbolehkan saat puasa.

  • Pas Puasa Bolehkah Pacaran ?

Pacaran jika di dalamnya terdapat sesuatu yang tidak diperbolehkan, maka itu akan mengurangi pahala puasa, misalnya berdua-duaan, jalan berdua, teleponan, dan lain sebagainya. Sebaiknya menghindari aktivitas ini selama bulan puasa. Isilah puasa itu dengan hal-hal yang lebih membawa manfaat, misalnya baca alquran, buku keislaman, zikir, menulis, dan lain-lain.


Lihat juga:


  • Puasa tapi tidak sholat

Setiap perbuatan akan dibalas sesuai dengan apa yang dilakukan oleh pelakunya, seseorang yang puasa tapi tidak sholat, maka puasanya tetap sah, namun ia tetap mendapatkan dosa akibat tidak melaksanakan shalat wajibnya. Oleh karena itu, hendaklah setiap muslim belajar agama ini dengan baik, agar terhindar dari melaksanakan satu kewajiban tetapi melupakan yang lainnya.

  • Puasa tapi tidak sahur

Sahur adalah sunnah saat berpuasa, jika kamu puasa tapi tidak sempat sahur karena kesiangan misalnya, maka puasamu tetap sah dengan catatan kamu memang berniat sungguh-sungguh pada malam harinya untuk berpuasa. Meskipun demikian, hendaklah tetap mengusahakan untuk makan sahur pada malam-malam berikutnya, agar aktivitas selama berpuasa tidak terganggu.

  • Puasa tapi belum mandi junub

Jika kamu junub pada malam hari, maka tetap dibolehkan untuk sahur terlebih dahulu, kemudian mandi sebelum sholat subuh. Meskipun junub, puasamu tetap sah. Misalnya saat puasa bangun kesiangan dalam keadaan junub, maka puasamu tetap dapat dilanjutkan. Meskipun begitu, sangat dianjurkan untuk mandi sebelum subuh, agar tetap dapat melaksanakan shalat subuh. Jangan sampai karena alasan junub, lalu tidak shalat subuh karena tidak mau mandi pagi.

  • Saat Puasa Apakah Boleh Memotong Kuku ?

Memotong kuku saat puasa boleh. Tidak ada hubungannya antara puasa dan kuku. Tidak ditemukan pula sabda Nabi saw. yang membahas tentanngnya. Jika untuk kebersihan badan, maka hal itu tidaklah mengapa. Justru memotong kuku adalah salah satu sunnah Nabi saw. yang dianjurkan untuk dikerjakan. baik dalam keadaan puasa ataupun tidak puasa, khususnya pada hari jumat. 

  • Puasa tapi mimpi basah apakah batal ?

Mimpi basah atau pun keluar madzi saat puasa jika terjadinya secara alami tanpa unsur kesengajaan, maka tidaklah mengapa. Tetapi jika hal itu terjadi karena unsur kesengajaan, maka membatalkan puasa orang yang sengaja melakukannya. Oleh karena itu, hindari hal-hal yang dapat memicunya saat berpuasa, misalnya nonton tayangan yang mengandung adegan demikian.

  • Lagi puasa boleh gak suntik kb ?

Suntik kb saat puasa hukumnya boleh, tetapi hendaklah berkonsultasi terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan apakah ada dampak efek samping tersendiri saat disuntik oleh obat tersebut saat berpuasa. Jika tidak ada dampaknya, maka diperbolehkan.

  • Sahur Pas adzan subuh sah atau tidak ?

Jika adzan subuh telah berkumandang dan kamu belum sempat sahur, makan bersahurlah dengan makanan yang dapat dikonsumsi dengan cepat, misalnya roti atau sejenisnya. Serta minumlah air putih secukupnya. Hal itu tidaklah mengapa. Tetapi jika adzan subuh telah usai dan kamu baru bangun, maka tidak diperbolehkan untuk makan atau minum apapun. Sebab, hal itu akan membatalkan puasa.

  • Mencicipi masakan saat puasa boleh tidak ?

Boleh mencicipi masakan saat berpuasa, tetapi hanya sampai dilidah dan harus di ludahkan kembali. Jika kamu menelannya, apalagi mencicipinya sampai satu piring lalu minum air pula, maka itu artinya... pohukamo rega......

Sebagai pelengkap, simak pula tanya jawab islam tentang puasa dalam video berikut ini!


 


Post a Comment for "13 Tanya Jawab Islam Seputar Puasa | Nomor 13 Pohukamo Rega!"