Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Doa Yang Paling Dicari Selama Ramadhan

Menyambut bulan suci ramadhan merupakan kegembiraan tersendiri bagi umat islam di berbagai daerah di Indonesia. Rasa gembira itu kemudian diekspresikan dengan membacakan berbagai macam doa yang disunnahkan dan dicontohkan oleh Nabi saw. atau pun berasal dari pengajaran para ulama nusantara. Pada artikel kali ini, saya Aswin Ahdir Bolano akan membahas mengenai empat doa yang paling dicari oleh kaum muslimin indonesia, khususnya selama bulan puasa ramadhan 2021 ini.

Doa sahur dan buka puasa
Berdoa saat buka puasa dan sahur. gambar:pixabay


  • Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Allahumma ahillahuu alainaa bil yumni wal iimaani was salaamah wa islaam rabbii wa rabbukallahu

Artinya:"Yaa Allah! terbitkanlah bulan ini kepada kami, sedang kami dalam keadaan berkah, baik-baik saja, dan tetap dalam keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah swt".

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, kegembiraan yang disunnahkan dalam islam tidak hanya terbatas pada rasa gembira begitu saja. Tetapi kegembiraan yang dimaksud adalah kegembiraan yang diikuti dengan niat sungguh-sungguh untuk beribadah di bulan yang mulia ini.

Salah satu hal yang sangat penting dalam menyambut ramadhan adalah dengan menyiapkan jadwal dan rencana ibadah selama ramadhan, hal ini agar ramadhan serta ibadah di dalamnya menjadi terencana dengan baik. Hal berikutnya yang perlu dilakukan dalam menyambut ramadhan adalah dengan mengevaluasi ibadah-ibadah wajib yang masih sering terlalaikan, hal itu kemudian dilatih dan ditingkatkan selama bulan suci ramadhan dengan tujuan agar menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan pada sebelas bulan yang akan datang kedepannya.

Hendaklah pula seorang muslim berusaha memaksimalkan ibadahnya pada bulan ramadhan yang dijumpainya, sebab tidak ada yang bisa menjamin apakah ia akan bertemu kembali dengan ramadhan yang akan datang pada tahun depan ataukah tidak lagi.

  • Doa Sahur

Nawaitu shauma ghadin an ada'i fardhisy syahri ramadhaana hadzihis sanati fardhan lillahi ta'aala

Artinya:"Aku berniat puasa esok untuk melaksanakan kewajiban puasa ramadhan pada tahun ini karena Allah swt"

Salah satu hal yang perlu dipahami dalam makan sahur adalah doa atau niat saat makan sahur, hendaklah seorang muslim berniat dengan sungguh-sungguh bahwa esok hari ia akan melaksanakan ibadah puasa sebagai bukti ketaatannya kepada perintah Allah swt. Sebab, tanpa niat yang sungguh-sungguh seorang muslim akan merasakan hal yang berat selama melaksanakan puasanya sehari penuh.

Perlu pula dipahami bahwa kekuatan untuk berpuasa bersumber dari keberkahan makanan yang dimakan, bukan pada banyaknya makanan yang dimakan, hal agar seorang muslim terhindar dari makan secara berlebihan hanya karena takut kelaparan sepanjang harinya berpuasa.

Hendaklah pula memperbanyak doa pada waktu sahur, sebab Nabi saw. menyebutkan bahwa salah satu waktu terkabulnya doa adalah pada saat sahur.


Lihat Juga:


  • Doa Mandi Puasa

Nawaitul ghusla li raf'il hadatsil akbari fardhan lillahi ta'aala

Artinya:"Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar karena Allah swt".

Mandi sebelum puasa ramadhan sebenarnya tidak pernah dikenal dalam tuntunan nabi saw., ia adalah tradisi yang melekat pada sebagian umat islam di indonesia. Meskipun demikian, munculnya tradisi mandi puasa atau mandi besar sebelum memasuki ramadhan adalah bagian dari budaya umat islam indonesia dalam mengagungkan bulan suci ramadhan.

Adapun doa dan niat mandi puasa, sama dengan niat dan doa untuk mandi besar, sebagaimana yang telah saya sebutkan di atas. Untuk tata cara mandi puasa, sama dengan cara mandi junub, silahkan lihat tulisan saya yang membahas tentang tata cara mandi junub.

  • Doa Buka Puasa Ramadhan

"Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa 'ala rizkika afthartu, Dzahabaz zhama'u wab tallats al-uruq wa tsabatal ajru insya allah

 Artinya:"Wahai Tuhanku! karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, dengan rezki-Mu aku berbuka,  rasa lapar dahaga telah hilang dan pahala telah ditetapkan insya Allah".

Berkaitan dengan buka puasa ramadhan, ada dua sunnah Nabi sw. yang perlu kamu ketahui, yaitu disunnahkan untuk menyegerakan berbuka (tidak menunda-nunda jika waktunya telah tiba), dan disunnahkan untuk berbuka dengan kurma. Jika tidak menemukan kurma, maka cukup pula dengan air putih. Kedua sunnah ini disebutkan oleh hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam kitab sunannya.

Ketika akan berbuka, perhatikan pula jadwal imsakiyah puasa yang telah dirilis oleh Kementerian agama Republik Indonesia, hal ini agar waktu berbuka kamu sesuai dengan jadwal buka puasa yang benar. Sebab, berbuka puasa sebelum waktunya, meskipun hanya lebih cepat beberapa menit akan menyebabkan puasamu tidak terhitung alias batal.

Saat sebelum berbuka puasa, seorang muslim disunnahkan pula memperbanyak doa sebagaimana ketika waktu sahur. sebab waktu buka puasa merupakan salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa.

Untuk melengkapi pembahasan ini, silahkan simak video berikut ini!



Post a Comment for "4 Doa Yang Paling Dicari Selama Ramadhan"