Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Shalat Tarawih

Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan setelah shalat isya pada malam-malam bulan suci ramadhan, inilah pengertian shalat tarawih. Meskipun hukumnya sunnah, keutamaan shalat tarawih tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan oleh seorang muslim yang berharap mendapatkan kemuliaan di bulan suci ramadhan. Hendaklah para orang tua yang telah memiliki anak usia 10 tahun tidak lupa untuk mengajak sang anak untuk melaksanakannya di mesjid, atau pun di rumah jika kondisi lingkungan tidak memungkinkan karena pandemi ini.

Tata cara shalat tarawih
tata cara shalat tarawih. gambar:pixabay

  • Tarawih 2021 tanggal berapa ?

Menurut kalender masehi, tarawih 2021 akan jatuh pada malam selasa tanggal 13 April 2021, meskipun demikian, masih menunggu hasil sidang itsabat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

  • Shalat Tarawih berapa rakaat ?

Shalat tarawih yang umumnya dilaksanakan di Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu 20 rakaat tarawih yang ditutup dengan 3 rakaat witir, dan 8 rakaat tarawih yang ditutup dengan 3 rakaat witir. Silahkan dipilih keduanya mana yang akan dilakukan. Dari segi kuatan dalil, keduanya memiliki dalil yang kuat yang bisa dilaksanakan.

Menurut keterangan dari Aisyah r.a, bahwa Nabi saw. shalat malam termasuk tarawih dengan jumlah rakaat bervariasi, sesuai dengan kondisi beliau saw. terkadang 7 rakaat, terkadang 9 rakaat, dan yang paling banyak kata Aisyah r.a adalah 11 rakaat. Namun kata Aisyah r.a, jangan tanyakan panjang dan bagusnya shalat Nabi saw. tersebut.

Pada masa Nabi saw., Beliau pernah keluar 4 malam berturut-turut untuk melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah. Namun, pada malam kelima beliau saw. tidak hadir di mesjid. Pada waktu subuhnya, Beliau saw. menceritakan bahwa Beliau saw. sebenarnya sudah tahu bahwa banyak kaum muslimin yang hadir di mesjid dan menunggu beliau saw. untuk shalat tarawih. Namun Beliau saw. sengaja tidak hadir di mesjid karena khawatir akan turunnya perintah yang akan mewajibkan shalat tarawih. Dalam hadits ini, tidak diceritakan berapa jumlah rakaat yang dilakukan oleh Nabi saw. selama 4 malam berturut-turut shalat tarawih bersama kaum muslimin tersebut. Kisah ini diceritakan dalam Kitab Shahih al-Bukhari dengan nomor hadits no.1129.

Adapun shalat tarawih yang 20 rakaat, bersumber dari ijtihad Umar bin Khattab r.a ketika melihat orang-orang shalat secara sendiri-sendiri di mesjid pada malam bulan suci ramadhan. Umar bin Khattab r.a mengluarkan perintah agar orang-orang shalat dipimpin oleh Ubay bin Ka'ab r.a, lalu mereka pun shalat dalam satu jamaah dan diimami oleh Ubay bin Ka'ab r.a. Alasan utama penambahan jumlah rakaat ini menjadi 20 adalah karena surat-surat yang digunakan adalah surat-surat pendek. Untuk mengimbangi shalat sunnah Nabi saw. yang panjang surat-suratnya. Kisah mengenai hal ini diceritakan oleh Imam Malik rahimahullah dalam kitabnya al-Muwaththa', dan Imam al-Bukhari dalam kitab shahihnya. Dengan demikian, antara shalat tarawih yang 8 rakaat dan 20 rakaat, keduanya bisa dilaksanakan.


Lihat Juga:

  • Tata cara shalat tarawih

Shalat tarawih dilaksanakan 2 rakaat 2 rakaat hingga sampai 8 rakaat atau pun 20 rakaat. shalat tarawih bisa dilaksanakan secara sendiri-sendiri atau pun berjamaah. Adapun tata caranya, sama seperti shalat sunnah biasa, hanya saja bacaannya dikeraskan dari awal hingga rakaat terakhir.  

  • Niat sholat tarawih

Niat sholat tarawih adalah sebagai berikut:

"Ushalli sunnatat tarawihi rak'ataini ma'muman lillahi ta'ala".

Artinya:"Aku berniat sholat tarawih 2 rakaat karena Allah swt."

Jika kamu belum bisa menghafalkan niat di atas, maka tidaklah mengapa, baca saja "audzu billahi minasy syaitanirrajim" dan bismillahirrahmanirrahim sholat tarawihmu tetap sah..

  • Tujuan dan manfaat melaksanakan shalat tarawih

Tujuan dan manfaat sholat tarawih adalah sebagai berikut ini:

  • 1) Mengisi malam hari pada bulan ramadhan dengan ibadah sunnah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.
  • 2) Menghidupkan sunnah Nabi saw. dalam hal memuliakan dan mengisi bulan ramadhan dengan ibadah.
  • 3) Melatih kebersamaan umat islam dalam ibadah
  • 4) Sebagai syiar islam di bulan suci ramadhan
  • 5) Memakmurkan mesjid pada malam-malam bulan ramadhan. 


  • Doa shalat tarawih

Doa sholat tarawih yang biasanya dibaca oleh para pegawai syari di antara tiap 2 rakaat adalah sebagai berikut:

  • Doa setelah salam rakaat ke-2, 6, 10, 14

"Fadhlan minallahi wa ni'mah wa maghfiratan wa rahmah, Yaa tawwab, yaa wasi'an maghfirah yaa arhamar raahimiin ".

  • Doa setelah salam rakaat ke-4

"Laa ilaaha illallah Muhammadar rasuulullah, al khalifatu sayyidina abi bakrin bin shiddiiqin tardhu anhu radhiyallahu anhu rabbana fiddini wad dunya yaa arhamar raahimiin".

  • Doa setelah salam rakaat ke-8

"Laa ilaaha illallah muhammadar rasuulullah, al-khalifatu sayyidina umar ibnil khttab tardhu anhu radhiyallu anhu rabbana fiddini waddunya yaa arhamar raahimiin".

  • Doa setelah salam rakaat ke-12

"Laa ilaaha illallah muhamadar rasuulullah, alkhalifatu sayyidina utsman ibni affan tardhu anhu radhiyallahu anhu rabbana fiddini waddunya yaa arhamar raahimiin".

  • Doa setelah salam rakaat ke-16

Laa ilaaha illallah muhammadar rasuulullah, alkhalifatu sayyiidina ali ibni abi thalib tardhu anhu radhiyallhu anhu rabbana fiddini waddunya yaa arhamar raahimiin".

  • Doa setelah salam rakaat ke-18

"Akhirit tarawiih ajara kumullahu laa ilaaha illallah muhammadar rasulullah".

  • Bacaan sholat tarawih setelah salam 20 rakaat

Allahummaj alna bil imani kaamilin, wa bil faraidhika muaddin, wa lish shalati muhafizhin wa lizh zhakati fa'ilin wa lima indaka thalibin.

Wa li afwika raajin wa bil huda mutamassikin wa anil laghwi mu'ridhin wa fid dunya zaahidin wa fil akhirati raghibin wa bil qadha'i radhin wa bin na'ma'i syakirin wa alal bala'ish shabirin wa tahta liwaa'i muhammadin shallallahu alaihi wa sallam yaumal qiamatis saa'iriin

Wa alal haudi waridhin wa fil jannati dakhilin wa ala sariratil karamati qa'idin wa bihurin'iin mutazawwizin wa min sundusin wa istabraqin wa diibajin mutalabbisin.

wa min tha'amil jannati akilin  wa min labanin mushaffasy syaaribiin bi akwabiu wa abaarika wa ka'sin min ma'iin

Ma'alladzi na'an'amta alaihim minan nabiyiina wash shiddiqiina wasy syuhada'i wasy shalihiin

wa hasuna ulla'ika rafiikan dzalikal fadhlu minallahi wa kafaa billahi alima.

wa shallallahu ala sayyidina muhammadin nabiyil ummi wa ala alihi wa shahbihi wasallim subhana rabbika rabbil izzatil amma yasifun wa salaamun alal mursalin wal hamdu lillahi rabbil alamiin

Untuk lebih lengkapnya pembahasan kali ini, silahkan simak video tentang tata cara shalat tarawih berikut ini!



Post a Comment for "Tata Cara Shalat Tarawih"